Animal Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 17 Januari 2013

Dasar-Dasar Bermain Bola Basket

Bila kalian ingin bisa bermain bola basket, kalian harus menguasai tehnik dasar.
Pertama kalian harus pemanasan terlebih dahulu. Kedua kalian harus mengetahui dasar-dasar bermain basket :

1. Dribble
2. Passing
3. Shooting
4. Pivot
5. Lay Up


Cara berlatih Dribble, Passing, Shooting, Pivot dan Lay Up :


-Dribble

Dribble atau memantulkan bola. Kalian hanya memantulkan bola ke bawah dengan mendorong bola, bukan memukul bola. Jangan sampai bola di atas kepala kalian. Usahakan jangan melebihi tinggi dada kalian. Dan jangan lupa lindungi bola itu supaya tidak direbut oleh lawan kalian.

-Passing
Passing atau mengoper bola. Cara mengoper bola dengan baik. Jangan sampai terlalu kuat atau terlalu lemah. Usahakan pas dengan temanmu. Ada 4 cara passing, yaitu :
1. Chest Pass : Mengoper bola ke arah temanmu dengan meletakan bola di depan dada kalian, lalu dorong ke arah temanmu dengan 2 tangan.
2. Boun Pass : Mengoper bola dengan cara di pantulkan ke bawah dengan 2 tangan atau 1 tangan.

3. Over Head Pass : Mengoper bola dengan 2 tangan. Ayunkan bola dari belakang kepalamu sampai ke atas kepalamu, lalu lepaskan bola dan arahkan ke atas kepala temanmu.
4. Hook Pass : Mengoper bola dengan 1 tangan, ayunkan bola dari belakang lalu ke depan dengan cara memutar badanmu ke samping, lalu lepaskan bola.

-Shooting
Cara menembak dengan benar. Pegang bola dengan 2 tangan, lalu angkat bola ke depan wajah, tapi agak ke atas sedikit. Lalu tembakan bola ke ring.

-Pivot
Cara melindungi bola dengan berputar dengan menggunakan kaki poros. Jangan sampai kaki poros kalian terangkat.


-Lay Up

Lay up atau meletakan bola ke ring. Dribble bola ke arah ring, pegang bola dengan 2 tangan, gunakan step kaki kanan lalu kaki kiri atau sebaliknya ( maksimal 2 langkah ), lalu lompat dan masukan bola ke ring. Bisa dengan cara meletakan bole ke ring atau di lempar ke arah ring.

Tehnik - Tehnik Bermain Bola Basket
-Fade Away

Fade away adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. tehnik ini lumayan susah dilakukan buat pemain yang baru belajar basket. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang.

-Jump Shoot
Jump Shot adalah tehnik yang butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus. Yaitu dengan melompat dan melakukan tembakan.

-Hook Shoot

Hook adalah teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh. Belakangan tehnik ini sering dipakai oleh Rony Gunawan Satria Muda Britama.

-Crossover

Crossover merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. dengan cara memantulkan bola di antara celah kakimu sendiri (kebanyakan pemain internasional menggunakan teknik ini)

-Slamdunk

Slamdunk adalah salah satu teknik yang paling populer. Sebenarnya cukup simpel, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Walaupun simpel, tapi untuk orang dengan tinggi 170 cm slam seperti ini hampir mustahil untuk dilakukan karena lompatannya tidak cukup tinggi.

Main Basket Bisa Bikin Tinggi

Secara umum, cara alami untuk menambah tinggi badan meliputi: tambahan makanan dan minuman yang bergizi tinggi, dan melalui aktivitas fisik olahraga. Meskipun belum ditemukan bukti yang meyakinkan bahwa cara alami berhasil untuk menambah tinggi badan. Hal ini telah dilakukan oleh banyak orang-orang yang ingin menambah tinggi badannya.

Aktivitas fisik olahraga, telah di yakini sejak jaman dahulu, dapat menambah tinggi badan seseorang.


Berdasarkan survei di internet, yang paling umum dilakukan di seluruh dunia, adalah aktivitas fisik olahraga main Basket. Hal ini dibuktikan dengan ukuran tubuh para pemain Basket NBA yang rata-rata berpostur tinggi di atas 190 centimeter. Contoh pemain basket yang mungkin kalian pernah dengar, misalnya Michael Jordan yang meraih gelar pemain terbaik sebanyak 6 kali, memiliki tinggi badan 198 centimeter.

Ada yang menyarankan, harus sering tidur, jika sedang berjalan harus jinjitan, dan sering-sering bergelantungan. Jika ingin tinggi coba cara ini. Logikanya adalah Jerapah memiliki leher yang tinggi dan panjang karena digunakan untuk mengapai buah-buahan yang tinggi di atas pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar